Tanpa judul

KEPALA RUTAN KELAS I JAKARTA PUSAT MENGIKUTI RAPAT KOORDINASI DILKUMJAKPOL PLUS TAHUN 2024
Jelang pelaksanaan Pemilu 2024, Kepala Rutan Kelas I Jakarta Pusat mengikuti Rapat Koordinasi DILKUMJAKPOL Plus. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta di Hotel The Acacia, Selasa (30/01).
Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta (Ibnu Chuldun), Kepala Divisi Pemasyarakatan (Tonny Nainggolan), Seluruh Kepala UPT Lapas/Rutan, KPU, BAWASLU DKI Jakarta, Polda Metro Jaya serta Pengadilan dan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Tujuan dari kegiatan ini yakni mempererat sinergitas antar jajaran di Lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dan APH dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan Lapas/Rutan/LPKA.
Rapat koordinasi (RAKOR) DILKUMJAKPOL Plus Tahun 2024 mengusung Tema “Sinergitas Antara Aparat Penegak Hukum dengan Komisi Pemilihan Umum dalam Pemenuhan Hak Pilih WBP Pada Pemilu 2024 di Lapas/Rutan/LPKA Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. Dalam rakor ini Ibnu Chuldun selaku Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta menyampaikan output kegiatan ini mampu menciptakan komitmen bersama antara APH dengan KPU dan BAWASLU serta Pemerintah Provinsi dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilu khususnya di Rutan dan Lapas.
KAKANWIL KEMENKUMHAM DKI JAKARTA MONITORING PERSIAPAN PELAYANAN KUNJUNGAN HARI RAYA IDUL FITRI DI RUTAN KELAS I JAKARTA PUSAT
Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun beserta Pimti Pratama dan juga Eselon III melaksanakan monitoring terkait persiapan pelaksanaan Kunjungan Khusus Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Selasa (02/04).
Monitoring berlangsung guna meninjau kesiapan layanan kunjungan khusus Idul Fitri di Rutan Kelas I Jakarta Pusat. Sesuai arahan Sekjen, dalam mengantisipasi lonjakan kunjungan pada Hari Raya Idul Fitri 1445 H Kakanwil memastikan kesiapan sarpras dan juga petugas yang ada di dalam rutan.
Dalam arahannya, Kakanwil menegaskan bahwa setiap Lapas/Rutan harus menerapkan one gate system dan Petugas harus memiliki nomor kontak darurat seperti Kepolisian, Damkar dan juga Basarnas. Selain itu, Kakanwil juga menegaskan agar dilaksanakan kontrol keliling (troling) seluruh area Lapas/Rutan dan berkoordinasi dengan TNI/Polri untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban.

Fauzi Harahap, Amd.IP, SH, MH.

Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas I Jakarta Pusat